Mazmur 1 : 1-3

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri dijalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencomooh,
Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil

II Timotius 2 : 15 - 16

Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.
Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suci yang hanya menambahkan kefasikan

Mengenai Saya

Selasa, 26 Mei 2009

HIDUP KUDUS

1 Petrus 1:13-17

Bagaimana agar masyarakat tahu bahwa Yesus adalah Tuhan? Adalah dengan menerapkan kehidupan kita sebagai orang percaya hidup menurut standard atau cara yang Tuhan tentukan untuk hidup kudus (ayat 15; hendaklah kamu kudus sebab Aku kudus).

Ada 2 mitos yang salah yang terjadi saat ini sehingga umat Tuhan tidak hidup dalam kekudusan yaitu:

  1. Merasa tidak yakin dan bahwa manusia dapat hidup kudus karena manusia adalah mahluk pendosa atau selalu cenderung hidup dalam dosa.
  2. Hidup kudus adalah hidup yang aneh: Bahasa Roh, pakaian putih, istilah-istilah rohani.

Ada 3 kunci yang harus kita miliki agar kita dapat menjalankan hidup kudus:

  1. Jaga dan siapkan akal budimu dengan hikmat dari Allah (Yak.3:13). Apa yang menguasai pikiran kita akan menguasai kita, contoh istri potipar dikuasai roh perzinahan maka ia ingin berzinah dengan Yusuf. Jadi pastikan bahwa kita dikuasai oleh Roh Kudus bukan roh setan.
  2. Tundukkan diri dengan Firman Tuhan (1 Kort.10:23 dan 31). Exercise of control. Segala sesuatu boleh, berguna untuk membangun dan memuliakan Tuhan. Contoh: Gelas kotor yang dikocorin air di wastafel maka gelas tersebut akan bersih.
  3. Andalkan kasih karunia Allah artinya kita melakukan hidup kudus hanya dengan kekuatan dari Allah. (1 Pet 1:13). Hidup semakin dekat dengan Allah. Batam/Bila Anda Tiba Amoi Menanti.
  4. Lupakan hidup yang lama dan berpaling pada Yesus(Filipi 3:13-14).

Pertanyaan:

  1. Jika Allah menghendaki kita agar hidup kudus, tindakan apa yang kita lakukan untuk merespon firman-Nya?
  2. Hal-hal apa yang membuat seseorang hidup dalam kedagingan sehingga ia tidak mau meninggalkan jalan hidupnya yang ia tahu bahwa hal itu tidak berkenan dihadapan Tuhan? (Rentenir, kumpul kebo, narkoba, alkohol dll.)
  3. Ada orang yang mengatakan sebenarnya saya ingin hidup kudus/hidup seperti yang Tuhan kehendaki, tetapi ngak bisa! Bagaimana tindakan atau bimbingan yang kita lakukan untuk orang tersebut? (Yak 4:17).

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku (Filipi 4:13)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar